ya... dari kata "Omake" yang artinya bonus. CMIIW
artinya disini aku mem-post sesuatu yang emang Worthy to enough to share about.
Sebagai awalan dari Omake Post... aku mau nge post
NIJIKON
Orang yang memiliki kecenderungan untuk menyukai/mencintai
karakter/tokoh 2D (anime, manga, kartun, game, dsb) disebut juga dengan
'Nijikon'.
Nijikon
Nijikon (二次コン, Nijikon?) adalah istilah slang dalam bahasa
Jepang yang digunakan untuk merujuk orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan
wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video, yang
umumnya dipresentasikan di atas kertas atau layar, beserta figure boneka dari karakter
tersebut. Istilah ini merupakan singkatan dari istilah Nijigen kompurekkusu (二次元コンプレックス,
Nijigenkompurekkusu?2-dimension complex).
Otaku yang terobsesi kepada salah satu atau lebih karakter
dalam anime, manga, atau permainan video menyebut diri mereka sebagai Nijigen
Otaku (Niji Ota) atau Otaku penggemar 2 dimensi. Sebaliknya, Otaku sendiri tidak
pernah mengaku dirinya menderita penyakit sosial Nijikon.
Pada kasus yang serius, laki-laki penderita Nijikon hanya
memiliki rasa cinta kepada karakter perempuan dalam anime, manga, atau permainan
video. Pada pria maupun wanita penderita Nijikon, minat seksual terhadap manusia
lawan jenis atau kehidupan nyata sudah tidak ada lagi.
Nijikon lebih banyak ditemukan pada kalangan Cowo. Cowo cenderung
lebih mudah 'terserang' nijikon, mengingat nafsu Cowo terhadap Cewe lebih besar
ketimbang sebaliknya. Selain itu, di pasaran anime/manga shonen dan seinen
(yang biasanya melibatkan chara Cewe yang good-looking atau 'moe') lebih banyak
daripada anime/manga shoujo dan josei. Bishoujo game pun jumlahnya jauh lebih banyak
ketimbang bishounen game.
Note: Shounen lebih cenderung ke genre yang laki-laki,
Shoujo lebih cenderung ke genre yang perempuan
Cowo nijikon cenderung lebih menggemari anime/manga
'moe', seperti K-On!, Lucky Star, Shakugan no Shana, Suzumiya Haruhi no Yuutsu,
CLANNAD, Hayate no Gotoku!, dan sebagainya, daripada anime/manga 'mainstream'
semacam Naruto, Bleach, One Piece, Full Metal Alchemist, Fairy Tail, Gintama atau
Death Note.
Adapun ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowo nijikon
stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:
1. Mengaku waifu (istri, Red.) pada salah satu tokoh
anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem terhadap beberapa tokoh
anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan banyak sekali di forum-forum anime/manga).
2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila
'ditawari' Cewe 3D (Cewe real, Red.). Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya
menyukai Cewe 2D (Cewe dalam anime/manga, Red.).
3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise
yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut, biasanya yang dibeli adalah
figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.
4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca
manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di IRL (In Real
World) atau biasa disebut sebagai hikkikomori. Kalau pun bersosialisasi mungkin
hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat
dengannya.
5. Biasanya masih jomblo.
Nijikon jarang sekali ditemukan pada kalangan Cewe,
mengingat Cewe kebanyakan lebih menggemari drama-drama Korea/Jepang yang
kebanyakan diantaranya melibatkan Cowo-Cowo ganteng.
Namun kalaupun ada, kalangan Cewe yang terserang Nijikon,
ciri-cirinya sendiri tidak berbeda jauh dengan Cowo nijikon.
Ciri-cirinya (yang bisa terlihat) antara lain:
1. Mengubah namanya dengan menghubungkan nama realnya dengan
tokoh anime favoritnya, misalnya, nama realnya adalah Ayu, tokohfavoritnya adalah
Lelouch Lamperouge/Lelouch vi Britannia (Code Geass). Maka ia mengubah namanya menjadi
Ayu Lamperouge atau Ayu vi Britannia (atau bahkan mengubah namanya menjadi nama
yang berbau Jepang, dalam kasus ini menjadi Ayumi, misalnya).
2. Memasang foto tokoh anime/manga favoritnya di
situs-situs jaringan sosial (facebook, twitter) sebagai primary atau sebagai avatar/siggy
forum; biasanya ditambahi embel-embel yang menyatakan kecintaan terhadap tokoh tersebut
ataupun sebagainya.
3. Mengaku-ngaku sebagai pasangan dari tokoh anime/manga
favorit yang bersangkutan. Berkaitan dengan poin nomor 1 diatas.
[1] Anime/manga shonen, maksudnyaadalah anime/manga yang
sasaran konsumennyaadalahremaja (Cowo) berusia sekitar 12-18 tahun.
[2] Anime/manga seinen, maksudnyaadalah anime/manga yang
sasaran konsumennya adalahremaja-dewasa keatas (Pria), berusia sekitar 18-40 tahun.
[3] Moe dapat diartikan sebagai 'cakep', 'imut', ataupun mengarah
ke good-looking. Kalau Bahasa Indonesianya mungkin "Ihhlucuuuuu...!!! <3"
[4] Anime/manga shoujo, maksudnya adalah anime/manga yang
sasaran konsumennya adalah remaja (Cewe) berusia sekitar 12-18 tahun.
[5] Anime/manga josei, maksudnya adalah anime/manga yang
sasaran konsumennya adalah remaja-dewasa keatas (Wanita), berusiasekitar 18-40
tahun.
[6] Bishoujo Game Meliputi game-game hentai/adult game,
dating-sim, ataupun genre lainnya; intinya tokoh dalam game tersebut kebanyakan
adalah Cewe-Cewe cakep/moe.
[7] Bishounen Game, hanya melibatkan Cowo-Cowo ganteng. Biasanya
game dengan embel-embel 'for girls'
[8] Harem dalam pengertian genre, maksudnya genre anime/manga/game
yang berupa seorang tokoh Cowo yang dikelilingi oleh banyak tokoh Cewe.
[9] Contohnya Boys Before Flowers, Full House, Princess
Hours, dsb;
Meliputi juga acara-acara tv show/video clip yang bisa
dilihat di YouTube, tentunya meliputi Cowo-Cowo ganteng. Contohnya video clip SorrySorry-nya
Super Junior.
[10] Nama Ayu bisa di-nippon-isasi atau di-kawaii-isasi menjadi
Ayumi, Ayuko, dan Ayu-Ayu yang lain; yang penting ada 'Ayu' nya! FYI, Ayu juga merupakan
nama tokoh protagonist dari anime/visual novel Kanon yaitu Ayu Tsukimiya.
==================================================
=======
HIKKIKOMORI
Hikikomori [ひきこもり or 引き籠もり], mungkin secara bahasa diartikan
sebagai 'terisolasi', merupakan salah satu istilah dalam bahasa Jepang yang berarti
seseorang yang memilih untuk mengisolasi diri (menghindarkan diri) dari kehidupan
sosial (kehidupanluar) dan memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka
untuk diam di rumah; kalaupun keluar rumah hanya seperlunya saja, misalnya membeli
makanan atau mengambil koran.
Penyebab hikkikomori biasanya beragam, dari mulai
ketidakmampuan diri untuk berinteraksi dengan dunia luar hingga karena trauma
dengan suatu kejadian di luar rumah (misalnya trauma kecelakaan). Olehkarenaitu
sebenarnya hikkikomori memerlukan bimbingan secara psikis.
Istilah hikkikomori sebenarnya bersifat umum dan tidak terbatas
hanya pada anime/manga saja.
Dalam anime/manga, contoh hikkikomori diantaranya adalah;
Takumi Nishijo (Chaos;Head) dan Nagi Sanzenin (Hayate no Gotoku!) atau Yadomi Jinta (Ano hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai)
referensi Wikipedia, dengan terjemahan, pengubahan, dan penjelasan
ulang semampunya dan seperlunya
==================================================
=======
OTAKU
Otaku [おたく] adalah istilah bahasa Jepang yang
digunakanuntukmenyebut orang yang betul-betul menekuni hobi (terobsesi dengan hobinya),
namun juga bisa berarti kata ganti orang kedua yang paling sopan dalam bahasa Jepang
baku, setara dengan kata "Anda" dalam bahasa Indonesia.
Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal
di luar
Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang
seperti Anime dan manga, bahkan ada orang yang menyebut dirinya sebagai Otaku.
Intinya, untuk saat ini, istilah otaku identik dengan penggemar
anime/manga dan cenderung mengikuti hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut setiap
musimnya.
Ciri-ciri yang mencolok dari seorang otaku diantaranya adalah;
mengoleksi figure dari tokoh-tokoh anime/manga favoritnya, mengikuti cosplay,
dan memiliki koleksi merchandise anime/manga yang relative banyak.
Di Jepang sendiri, istilah otaku sebenarnya memiliki konotasi
negatif karena kebiasaan orang-orang yang di sebut otaku tersebut cenderung aneh
dan berbeda dengan orang pada umumnya, serta kurang bisa dimengerti oleh masyarakat
umum.
Selain itu juga karena adanya sejumlah kasus kriminal
yang melibatkan otaku, seperti kasus pembunuhan dan pemerkosaan.
PM Taro Aso (perdanamenteriJepang yang sekarang) adalah seorang
otaku, terlihat dari kegemarannya terhadap anime dan manga Rozen Maiden.
*referensi Wikipedia, dengan terjemahan,
pengubahan, dan penjelasan ulang semampunya dan seperlunya juga
================================================== ======
PERBEDAAN ANTARA NIJIKON, HIKKIKOMORI, DAN OTAKU
Istilah 'otaku' lebih bersifat umum terhadap mereka yang
terobsesi
anime/manga,
sementara nijikon dan hikkikomori itu lebih spesifik.
Dalam kasus ini, istilah 'nijikon' mengarah kekalangan
yang memiliki
Kecenderungan untuk lebih menyukai karakter/tokoh
(manusia) 2d (dalam anime/manga, Red.), daripada manusia asli (real). Sementara
'hikkikomori' mengarah kekalangan yang memiliki kecenderungan untuk menghindarkan diri dari kehidupan sosial
(kehidupan luar) dengan memilih untuk menghabiskan waktu berdiam
diri
Dirumah dengan menonton anime, atau membaca manga, atau bermain
game.
Tidak semua otaku itu nijikon atau hikkikomori.
Sebaliknya, mayoritas nijikon atau hikkikomori itu (dalam
kasus ini,
anime/manga) berasal dari kalangan otaku.
Source:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2134199
Online Casino | Kadangpintar
ReplyDeleteOnline casino online 24/7. Bet kadangpintar your 메리트카지노 money safe on this exciting online 1xbet korean casino. Enjoy games like blackjack, poker, keno, video poker, roulette,